Jumat 21 Nov 2014 19:34 WIB

Militer Jepang Libatkan Budaya dalam Perekrutan

Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, ATSUGI -- Militer Jepang menarik minat pendaftar baru dengan memperlihatkan gambar-gambar tentara yang tersenyum sembari berpose layaknya bintang pop, dalam serangkaian buku foto dan DVD yang melibatkan budaya anak muda.

Pilot pesawat jet, navigator dan pelaut adalah diantara 60 prajurit Jepang, lelaki maupun perempuan, yang berpose dengan dan tanpa seragam.

Rekaman video memperlihatkan seorang perempuan tengah makan es krim, lainnya mengenakan rok mini, dan prajurit lelaki berpose telanjang dada. Sementara prajurit berseragam digambarkan tengah melompat gembira.

"Saya rasa pendekatan ini sangat membantu pesan kami agar sampai ke generasi muda," kata jurubicara pasukan maritim Jepang, Yasushi Kojima.

Masyarakat yang terus menua dan menurunnya angka kelahiran di negara itu membuat khawatir pihak militer yang harus berjuang untuk merekrut anggota baru bergabung dengan Pasukan Bela-Diri yang berjumlah sekitar seperempat juta.

Awal tahun ini, pihak angkatan bersenjata Jepang melibatkan idola pop Haruka Shimazaki dari grup band perempuan AKB48 sebagai penarik minat pendaftar.

Konten siaran bertema militer termasuk "Girls und Panzer", sebuah siaran anime TV tentang anak-anak sekolah yang berperang dengan tank.

Pilot pesawat pengintai Nobuko Aoyama, satu dari 21 perempuan yang membintangi serial "National Defence" mengatakan ia bergabung dalam kampanye itu untuk meningkatkan kepedulian terhadap militer.

"Kaum muda Jepang jarang melihat ada militer di negara ini, kecuali mereka mempunyai anggota keluarga yang menjadi prajurit," kata Aoyama.

Lebih dari 16 ribu album telah terjual sejak Mei dan pihak penerbit Takeshobo berniat untuk mencetak lebih banyak lagi album.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement