Senin 05 Feb 2024 11:10 WIB

Para Istri Nabi yang Diabadikan dalam Alquran dan Maksud Penyebutannya

Alquran mengabadikan kisah sejumlah istri para nabi

Rep: Rahmat Fajar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi istri nabi. Alquran mengabadikan kisah sejumlah istri para nabi
Foto: Pixabay
Ilustrasi istri nabi. Alquran mengabadikan kisah sejumlah istri para nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Alquran tak hanya menyampaikan tentang kisah-kisah perjuangan para utusannya yakni nabi dan rasul, Tetapi Alquran juga menyebutkan tentang istri-istri para nabi. Seperti 11 istri Nabi Muhammad SAW yang disebutkan dalam Alquran. 

Meskipun menurut pendapat populer istri nabi Muhammad 12 orang atau yang disebut ummahat Al-mukminin. Empat di antara istri Nabi Muhammad SAW yang dikisahkan di dalam Alquran Surat al-Ahzab ayat 28-35. 

Baca Juga

Menurut pakar tafsir Alquran, Prof Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran menjelaskan ayat tersebut berisi seruan kepada istri-istrinya tentang posisinya sebagai nabi.

Menurut Prof Qurasih, sebagai penerima wahyu Allah SWT maka istri-istrinya dituntut untuk menjadi istri terbaik. Istri-istri Nabi Muhammad SAW yang dimaksud dalam ayat-ayat tersebut yakni Saudah bin Zam'ah, Aisyah bin Abu Bakar, Hafsah binti Umar, Ummu Salamah, Zainab bin Jahsy, Juwairiyah bin al Haris, Safiyah binti Huyay, Ummu Habibah dan Maimunah binti al-Haris.

Dalam Surat an-Nur ayat 11-16 juga menyebutkan tentang istri nabi Aisyah. Sayyid Qutub dalam Tafsir fi Zilal al-Quran mengatakan bahwa ayat ini membicarakan tentang hadis al-ifki (berita bohong) Aisyah bin Abu Bakr. 

Ketika itu Aisyah ikut rombongan perang. Namun dia tertinggal dari rombongan karena mencari kalungnya yang hilang saat pulang dari perang sendirian.

Dan secara kebetulan, Safwan bin Mu'attal sang penjaga di belakang rombongan menemukan Aisyah sedang sendiri dan berniat mengantarkan Aisyah ke rombongan Rasulullah SAW yang berkemah.

Namun kedatangan Aisyah dan Safwan mengejutkan banyak orang sehingga muncul tuduhan kepada mereka yang membuat Rasulullah menderita.

Selain itu, Khadijah adalah di antara istri Nabi Muhammad SAW yang ada di dalam Alquran tertuang pada Surat ad-Dhuha ayat 8.

وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ Artinya: "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia memberikan kecukupan?”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement