Senin 22 Jan 2024 21:11 WIB

Dzikir yang Disukai Allah

Berbagai dzikir dan doa disyariatkan dalam Alquran.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Dzikir yang Disukai Allah. Foto:  Jamaah menuju ke masjid (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Dzikir yang Disukai Allah. Foto: Jamaah menuju ke masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG --- Dzikir merupakan tindakan mengingat dan menyebut nama-nama Allah atau doa-doa tertentu sebagai bentuk ibadah dalam agama Islam. Dari Alquran dan hadits, sangat banyak doa atau zikir yang bisa diambil dan diamalkan. 

Tidak sedikit juga para ulama yang mengajarkan zikir dan doa khusus kepada santri-santrinya, baik yang pendek maupun panjang. Semuanya jenis zikir itu mengandung kebaikan dan mempunyai pengaruh yang luar biasa.

Baca Juga

Berbagai dzikir dan doa yang disyariatkan dalam Alquran dan hadits diajarkan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Amalan yang dilakukan dengan ikhlas dan khusyuk diyakini lebih diterima oleh Allah.Namun, ada sebuah dzikir yang paling disukai Allah. Dalam buku “Hikayat Keajaiban Istighfar dan Shalawat Nabi”, Fuad Abdurahman menjelaskan, ada zikir yang paling disukai oleh Allah SWT sebaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya ucapan paling disukai Allah SWT adalah subahanallah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).” (HR Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda, 

كَلِمَتانِ خَفِيفَتانِ علَى اللِّسانِ، ثَقِيلَتانِ في المِيزانِ، حَبِيبَتانِ إلى الرَّحْمَنِ، سُبْحانَ اللَّهِ وبِحَمْدِهِ، سُبْحانَ اللَّهِ العَظِيمِ

“Dua kalimat ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Ar-Rahman (Allah SWT), yakni Subhanallahil Adzim (Mahasuci Allah Yang Mahaagung) dan subhanallah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).  (HR Bukhari).

Hadis di atas diperkuat oleh ucapan Abu Dzar, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepadaku, ‘Hai Abu Dzar, maukah engkau kuberitahukan tentang ucapan yang disenangi Allah?’ Aku menjawab, ‘Ya, ak mau, ya Rasulullah. Beritahukanlah padaku tentang ucapan yang paling disenangi Allah’. Beliau SAW lalu bersabda, ‘Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah adalah Subhanallah wa Bihamdih’.” (HR Muslim).

Meskipun pendek, ucapan Subhanallah wa Bihamdi ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca Subhanallah wa Bihamdih sehari seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni kendati sebanyak buih dilautan.”  (HR Bukhari).

Ibnu Umar ra juga meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW berkata kepada para sahabatnya:

“Ucapkanlah subhanallah wa bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan, barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan, barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan, barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement