Jumat 05 Jan 2024 13:33 WIB

Pesta Olahraga Idol K-Pop ISAC tak Digelar, Fans Malah Senang, Mengapa?

MBC dikabarkan tidak akan menggelar ISAC pada tahun ini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Dari kiri ke kanan: Jimin, Jungkook, dan Suga BTS saat di ISAC beberapa tahun lalu. Ajang ISAC pada tahun ini dikabarkan tidak akan digelar.
Foto: Dok. Koreaboo
Dari kiri ke kanan: Jimin, Jungkook, dan Suga BTS saat di ISAC beberapa tahun lalu. Ajang ISAC pada tahun ini dikabarkan tidak akan digelar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akun media sosial X, SPOTV ent. membagikan informasi bahwa MBC mengonfirmasi tidak akan ada kejuaraan olahraga Idol Athletics Championships (ISAC) selama musim liburan tahun baru 2024. Bahkan, SPOTV ent. menyebutkan MBC tidak ada rencana untuk musim berikutnya hingga saat ini.

"Tidak akan ada Idol Athletics Championships selama musim liburan tahun baru tahun ini, dan kami tidak memiliki rencana untuk musim berikutnya sejauh ini,” tulis akun X SPOTV ent., dikutip Jumat (5/1/2024). 

Baca Juga

Hal ini menandakan bahwa acara tahunan itu akan mengalami hiatus setidaknya untuk satu tahun ke depan. Sebagai gantinya, MBC berencana memperkenalkan program TV baru untuk mengisi slot yang biasanya diisi oleh ISAC.

Penggemar K-pop, khususnya di Korea justru merasa bahagia dan lega dengan tidak diadakannya ISAC pada tahun ini. ISAC mendapat sorotan negatif karena dianggap sebagai acara yang kontroversial dan eksploitatif terhadap idola.

ISAC sering dikritik karena mengakibatkan cedera pada beberapa idola. ISAC juga dinilai tidak lagi menyenangkan karena minimnya interaksi natural antara pada idola pria dan wanita.

Acara tahunan ini biasanya menjadi platform bagi bintang K-pop untuk menunjukkan kemampuan atletik mereka. ISAC telah menjadi bagian penting dalam perayaan tahun baru di Korea Selatan, sejak pertama kali ditayangkan pada 2010. Program ini menampilkan selebritas khususnya penyanyi dan grup idola pop Korea, dalam berbagai olahraga dan permainan, seperti seperti atletik, senam, eSports, boling, sepakbola, berenang, voli, panahan, pelempar bisbol, tari, tenis meja, basket.

Acara ini sebelumnya menjadi sorotan karena memungkinkan penggemar melihat sisi lain dari para idola di luar panggung. Pada 2021, ISAC juga tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19. Penayangan terakhir ISAC pada 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement