Kamis 28 Dec 2023 15:17 WIB

Disayangkan, Jay Idzes Belum Bisa Tampil di Piala Asia 2023, Ini Penjelasan PSSI

Padahal, pemain berusia 23 tahun itu mengaku sudah siap membela timmas Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).
Foto: Republika/Afrizal
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan Jay Idzes telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah pengambilan sumpah setia yang dilakukan di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023). Dengan ini, bek di klub Serie B Italia Venezia itu bisa membela timnas Indonesia dan diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia di kancah internasional. 

Pemain berusia 23 tahun itu mengaku sudah siap membela timmas Indonesia. Namun, ia takkan tersedia di ajang terdekat yakni Piala Asia 2023 yang akan berlangsung mulai Januari 2024. Pasalnya, Jay belum termasuk dalam daftar nama yang diserahkan PSSI kepada AFC untuk mengikuti kejuaraan tersebut. 

Baca Juga

"Jay Idzes belum bisa ikut Piala Asia karena kita berharap sebenarnya Jay bisa main di Piala Asia dan bahkan namanya sudah masuk dalam 50 list oleh Shin Tae-yong," kata anggota Exco PSSI, Endri Erawan, Kamis (28/12/2023).

Pendaftaran pemain telah ditutup sejak 12 Desember 2023 lalu. Saat itu, Idzes belum memiliki status kewarganegaraan Indonesia. "Apa mau dikata, dari AFC sudah ditutup, semua pendaftaran dan kesempatan membela timnas di Piala Asia tertutup untuk Jay Idzes," ujarnya menambahkan. 

Dengan begitu, Jay memiliki melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Asia 2026 zona Asia pada Maret mendatang. Namun beberapa syarat harus dipenuhi untuk mewujudkannya yakni dengan merampungkan proses pindah asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI untuk bisa bermain bersama Timnas Indonesia.

"Kita masih berharap di bulan Maret nanti ada Kualifikasi Piala Dunia yang menghadapi Vietnam dan tiga pertandingan lainnya home, satu away, kita masih berpikir apakah mungkin untuk menambah satu atau dua pemain di bulan Januari nanti," kata Endri Erawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement