Jumat 22 Dec 2023 20:00 WIB

Fakta Kebesaran Allah SWT tentang Rahim yang Diabadikan Alquran 

Alquran mengabadikan keagungan Allah SWT dalam rahim

Janin dalam rahim (ilustrasi). Alquran mengabadikan keagungan Allah SWT dalam rahim
Foto: invitrofertilitygoddess.com
Janin dalam rahim (ilustrasi). Alquran mengabadikan keagungan Allah SWT dalam rahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT menciptakaan manusia dalam bentuk yang terbaik dari segenap makhluk-Nya. 

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS At-Tin: 4)

Baca Juga

Salah satu hikmah dari penciptaan ini adalah Allah SWT menginginkan agar umat manusia merenungkan keagungan penciptaan-Nya dan tetap bersyukur atas segala nikmat-Nya. 

وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ “Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS Az-Zariyat: 21)     

Salah satu tanda kekuasaan Allah SWT yang sangat menakjubkan adalah dengan diciptakannya rahim. Berikut ini sejumlah fakta menarik seputar rahim yang diabadikan dalam Alquran:  

1. Rahim atau uterus adalah organ reproduksi yang  betina yang utama pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia.  Di rahim inilah proses penciptaan manusia berlangsung.

2. Dalam Alquran, kata rahim sedikitnya diulang sebanyak 10 kali. Penciptaan manusia dalam rahim membuktikan keagungan dan kehebatan Sang Khalik.  Pada surat Ali Imran ayat 6, Allah SWT berfirman: 

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ   

''Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.''

3. Menurut ilmu biologi, salah satu ujung rahim adalah serviks, membuka ke dalam vagina, dan ujung satunya yang lebih luas, yang dianggap badan rahim, disambung di kedua pihak dengan tabung Fallopian.  

4. Rahim terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran di organisme yang berbeda. Pada manusia adalah berbentuk buah pir.

Baca juga: Sains Buktikan Isyarat Alquran Surat Al-Qiyamah tentang Sidik Jari dan 8 Faktanya 

5. Rahim ditempatkan di pelvis dan dorsal (dan biasanya agak kranial) ke kandung kemih dan ventral ke rektum. Rahim ditahan pada tempatnya oleh beberapa ligamen. Di luar kehamilan, ukuran garis tengahnya adalah beberapa sentimeter.

6. Rahim kebanyakan terdiri dari otot. Lapisan permanen jaringan itu yang paling dalam disebut endometrium. Pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia, endometrium membuat lapisan pada waktu-waktu tertentu yang, jika tak ada kehamilan terjadi, dilepaskan atau menyerap kembali.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement