Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Forum Rektor Dorong Netralitas Penyelenggara Pemilu

Senin 22 Apr 2019 07:54 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Panitia Pemungutan Suara (PPS) membawa kotak suara untuk dilakukan rekapitulasi pemilihan umum (pemilu) 2019 tingkat kecamatan di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (20/4).

Panitia Pemungutan Suara (PPS) membawa kotak suara untuk dilakukan rekapitulasi pemilihan umum (pemilu) 2019 tingkat kecamatan di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (20/4).

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Forum Rektor meminta peserta pemilu memegang komitmen siap menang dan siap kalah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Forum Rektor Indonesia (FRI) menyerukan seluruh penyelenggara pemilu yang telah diberikan kepercayaan oleh rakyat untuk bersikap netral dan bekerja dengan dedikasi tinggi.

Ketua FRI Prof Dr Dwi Aries Tina Palubuhu MA dalam keterangannya di Makassar, Senin (22/4), mengatakan, keputusan akhir pemilihan presiden dan pemilihan legislatif adalah hasil perhitungan yang ditetapkan oleh KPU.

"Untuk itu kami menyerukan kepada penyelenggara Pemilu 2019, yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP untuk menjaga independensi dan netralitas, serta menjamin tahapan rekapitulasi perhitungan suara berjalan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

FRI dalam pernyataan sikapnya juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara daripada kelompok dan individu.

Ia juga mengimbau para penegak hukum, TNI dan Polri untuk bekerja profesional, netral dan mengedepankan kepentingan nasional.

Peserta Pemilu 2019 juga diharapkan menjaga suasana kondusif pada saat masa rekapitulasi perhitungan suara dan tahapan selanjutnya. Peserta wajib memegang komitmen awal untuk siap menang dan siap kalah, serta menghimbau kepada pendukung masing-masing untuk tidak melakukan tindakan yang dapat meresahkan masyarakat.

Pihaknya juga berharap agar media massa dapat menyajikan informasi yang berimbang, bertanggungjawab dan bermanfaat.

Terakhir, Dwi mendorong segenap sivitas Akademika Perguruan Tinggi di Indonesia yang tergabung dalam FRI untuk ikut mengawal agar tahapan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di wilayah masing-masing berlangsung jujur, aman, tertib, dan adil.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA