Senin , 17 May 2010, 23:55 WIB

TNI Matangkan Persiapan Kedatangan Obama

Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, tengah mematangkan persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden AS Barack Obama sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kemarin sudah persiapan dan kita melakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sudah ada tahapan-tahapannya," kata Panglima di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin pagi (17/5).

Namun, lanjut dia, hingga kini belum ada permintaan mengenai tempat-tempat yang dikunjungi. "Tapi yang jelas Jakarta tinggal menghaluskan yang kemarin. Kemarin sudah melakukan persiapan. Nanti kita tinggal ulangi lagi tahap-tahapan itu," katanya.

Saat ditanya apakah Obama dipastikan datang pada Juni 2010, Panglima mengatakan bahwa informasi yang diperoleh begitu. "Saya tidak tahu perkiraannya begitu informasinya," katanya.

Sebelumnya juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyatakan, Pemerintah Indonesia mempersiapkan kedatangan Obama pada paruh kedua Juni 2010.

Presiden Obama dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia Juni 2010 setelah sempat tertunda dua kali pada Maret 2010 akibat urusan dalam negeri terkait Undang-Undang Kesehatan.

Sebelumnya presiden keturunan Afrika Amerika pertama AS itu dijadwalkan membawa serta keluarganya yaitu istrinya Michele Obama dan dua putrinya, Malia dan Sasha untuk bernostalgia di Indonesia.

Namun, setelah penundaan kunjungan tersebut belum ada konfirmasi apakah Obama tetap akan membawa keluarganya pada lawatan mendatang.

Obama cukup populer di Indonesia karena memiliki ayah tiri asal Indonesia dan sempat menghabiskan masa kecilnya di Jakarta.

Sumber : antara