Selasa , 26 September 2017, 18:43 WIB

Pertemuan Gaza, Sinyal Baik Persatuan Palestina

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Faksi gerakan Islam di Palestina: Hamas dan Fatah
Faksi gerakan Islam di Palestina: Hamas dan Fatah

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Pemerintah Palestina telah mengumumkan akan menggelar pertemuan di Gaza pekan depan. Keputusan ini disambut baik oleh Hamas yang telah menyatakan kesediaan untuk memulihkan hubungan dengan Fatah.

"Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah telah memutuskan,setelah berkonsultasi dengan Presiden Mahmoud Abbas bahwa pemerintah akan mengadakan pertemuan mingguan di Gaza pekan depan," ungkap juru bicaraPemerintah Palestina Youssef al-Mahmoud, seperti dilaporkan laman AsharqAl-Awsat, Selasa (26/9).

Ia mengatakan Hamdallah akan tiba di Gaza pada Senin (2/10)pekan depan. Hamdallah akan mulai mengambil alih tanggung jawab pemerintah setelah Hamas mengumumkan kesepakatannya untuk membubarkan komite administartif dan memungkinkan pemerintah memikul tanggung jawab penuh (atasGaza)

Hamdallah telah mengungkapkan bahwa kunjungnnya ke Gaza akan dimanfaatkan untuk mengetahui semua kondisi dan seluk beluk di sana. Ia punmenyatakan Pemerintah Palestina akan berupaya mengatasi konsekuensi pengepunganatau blokade, pemekaran, dan agresi Israel yang berulang-ulang.


Hamas menyambut baik rencana kedatangan Hamdallah dan perwakilan Pemerintah Palestina lainnya ke Gaza. Sementara pemimpin Hamas Ismail Haniyah hendak menyampaikan hasilkunjungan delegasinya ke Kairo, Mesir, beberapa waktu lalu kepada perwakilanPemerintah Palestina.