Rabu , 09 Januari 2013, 14:44 WIB

2013, Jayapura Tetap Gratiskan Pembuatan E-KTP

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Prayogi/Republika
Seorang pegawai Kelurahan menunjukan e KTP yang sudah jadi di kantor Kelurahan.  (Ilustrasi)
Seorang pegawai Kelurahan menunjukan e KTP yang sudah jadi di kantor Kelurahan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA-- Pemerintah Kota Jayapura, Papua, memastikan program Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tetap gratis bagi warga yang ingin membuatnya. "Iya, tahun 2013 pelayanan e-KTP masih tetap gratis," ujar Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano kepada wartawan di Jayapura, Rabu (9/1).

Menurut Wali Kota, kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih memerintahkan pemerintah Daerah agar daerah terus melakukan perekaman identitas warga yang belum terdaftar e-KTP secara gratis pada 2013 ini. Pasalnya itu adalah hak setiap warga.

Tommy Mano menyebutkan, warga di Ibu Kota Provinsi Papua itu yang belum mendatakan identitas diri pada program e-KTP ini diperkirakan masih sekitar 12 persen dari total wajib KTP 157.741.

"Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat yang belum agar segera mendaftarkan diri untuk memperoleh e-KTP sebab keberadaan E-KTP begitu penting terutama untuk pemilihan kepala daerah dan Pemilu 2014," ujarnya.

Selain itu, petugas perekaman juga sudah melakukan jemput bola dalam pembuatan e-KTP ini seperti mendata wajib KTP pemula, seperti mendatangi sekolah, kampus, Mapolres dan Mapolda Papua.

Tommy Mano menambahkan, hingga pertengahan Desember 2012 yang selesai didistribusikan sekitar 67.757 keping e-KTP dari total 123.758 keping yang diterima dari pusat.

Sumber : Antara