Selasa , 20 July 2010, 03:08 WIB

Quick Media Converter, Pengalih Format Video Minus Repot

Rep: Agung Sasongko/berbagaisumber/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
SNAPSHOT/QUICK MEDIA CONVERTER/REPUBLIKA.CO.ID
Quick Media Converter
Quick Media Converter

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Seiring perkembangan teknologi rekam video yang kian pesat, masyarakat kian dimudahkan memilih piranti rekam video yang terjangkau tapi dengan kemampuan yang cukup memuaskan. Belum lagi keberadaan situs jejaring video yang menawarkan tempat untuk memajang video secara gratis.  Kini aplikasi pendukung juga hadir melengkapi salah satunya pengonversi file berformat video.

Di dunia maya, aplikasi konversi video banyak beredar. Salah satunya adalah Quick Media Converter (QMC).  Aplikasi ini berkemampuan untuk mengkonversi file video ke dalam berbagai jenis format mulai dari AVI, DVD, Quicktime, Flash, Xvid, DivX, MPEG, MP3, WMA, MP4,  3GP sampai untuk keperluan di gadget portable seperti ponsel dan PSP.

Selain berkemampuan komplit, QMC ini juga bisa didapatkan secara gratis. Jadi, tak berlebihan bila aplikasi ini bakal menjadi alternatif bagi penggila video.

Pengoperasian, QMC memang didesain untuk memudahkan pengguna awam yang menginginkan konversi video tapi enggan direpotkan kemampuan teknis. Keberadaan fitur Easy Mode merupakan bukti aspirasi pengguna awam yang dipenuhi QMC.

Kelebihan lain dari aplikasi ini terlihat di kualitas video awal dan hasil konversi. Dari percobaan kecil, kualitas konversi dari FLV ke AVi atau Mpeg cukup memuaskan. Begitu pula sebaliknya, konversi video berformat Avi ke FLV juga tak  mengecewakan. Sayangnya, pecahan piksel hasil konversi kadang mengganggu. Maklum saja, persoalan macam itu memang biasa menimpa aplikasi gratis.

Meski demikian, QMC terus berusaha memperbaiki kualitas hasil konversi. Usaha itu terlihat dengan konsistensi menghadirkan versi yang dimutakhirkan. Buktinya aplikasi gratis ini juga telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Quick Media Converter versi 4.0.0.6. Jadi, tunggu apa lagi, selamat mencoba.