Jumat , 23 November 2012, 15:41 WIB

Indonesia, Negara ke-45 Miliki Google Street View

Red: Yudha Manggala P Putra
AP
Google Street View
Google Street View

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi negara ke-45 yang akan memiliki Google Street View,  demikian Senior Product Manager Emerging Markets Asia Google, Andrew McGlinchey, di Jakarta, Jumat (23/11). 

Google Street View adalah Fitur Google Maps yang menyediakan peta berisi rincian jalan dan panorama kota. Proyek Google Street View di Indonesia resmi dimulai hari ini, Jumat (23/11/2012). 

Penyedia layanan mesin pencari itu menyiapkan tim untuk memotret jalanan Indonesia menggunakan mobil yang dilengkapi dengan 15 kamera dan bisa memotret panorama 360 derajat.  "Panorama 360 derajat ini nantinya akan bisa dilihat di internet," kata Andrew. 

Google menyediakan lusinan mobil untuk mengambil suasana jalanan Jakarta, sebagai kota pertama di Indonesia yang akan diambil gambarnya. "Hari ini mobil kami sudah mulai beroperasi. Tapi kemungkinan baru bisa dilihat pada tahun 2013," katanya.

Andrew juga menyatakan bahwa gambar yang ditampilkan akan sesuai dengan kondisi Jakarta yang sebenarnya. "Jadi kalau macet ya macet. Cuma kan kalau di gambar tidak akan terasa bahwa itu macet," katanya. 

Google menyatakan akan menjaga privasi orang yang terlihat selama pengambilan gambar dengan menyamarkan wajah dan nomor polisi kendaraan.

Setelah pengambilan gambar panorama Jakarta selesai, Google berencana melanjutkan pengambilan gambar panorama ke berbagai daerah dan kota wisata yang lain. Menurut Andrew, gambar untuk layanan jasa itu selanjutnya akan diperbarui setiap satu sampai dua tahun sekali. 

Sumber : Antara