Senin , 02 December 2013, 16:16 WIB

Jokowi Resmikan Bank DKI Palembang, Dorong Kerja Sama Daerah

Red: Julkifli Marbun
Bank DKI
Bank DKI

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan kerja sama antar daerah sangat penting untuk dilaksanakan secara konkrit sehingga "sister city" tidak hanya dilakukan dengan negara-negara seperti yang kini dilakukan.

"Kerja sama konkret antar daerah layaknya 'sister city' penting untuk direalisasikan sehingga memperkuat hubungan antar daerah," katanya di Palembang, Senin

Jokowi mencontohkan, selama ini Sumatera Selatan telah mensuplai sejumlah komoditas ke Jakarta tetapi belum ada pengelolaan secara optimal dan perjanjian kerja sama.

Kalau telah diperkuat dengan kerja sama antar daerah maka bisa saja dibuat kesepakatan, seperti pembangunan gudang bersama.

Ia mengatakan, dengan kerja sama yang dipertajam tersebut nantinya akan dibentuk manajemen bersama-sama dalam mengurusi suplai produk dari Sumatera Selatan.

Suplai komoditas yang dikelola bersama Pemprov Sumsel dan DKI nanti akan meningkatkan kualitas produk karena dipastikan lebih segar dan didistribusikan dengan sistem yang baik pula.

Ia menjelaskan kerja sama yang konkret antar daerah tersebut tentu akan mendorong optimalisasi dari berbagai sektor bukan hanya komoditas pertanian maupun perkebunan.

Namun, sektor lainnya juga ikut imbas dari dilaksanakannya sistem kerja sama yang baik antar daerah.

Jokowi berada di Kota Palembang untuk menghadiri peresmian Bank DKI cabang Palembang. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta juga menjadi pemateri pada kuliah umum di Universitas Sriwijaya dan Universitas Indo Global Mandiri Palembang.

Sumber : Antara