Senin , 02 October 2017, 08:47 WIB

Manfaat LRT di Palembang Menurut Gubernur Sumsel

Red: Andri Saubani
Feny Selly/Antara
Foto aerial proyek pembangunan light rail transit (LRT) atau kereta api ringan di zona A Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan.
Foto aerial proyek pembangunan light rail transit (LRT) atau kereta api ringan di zona A Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menrgaskan keberadaan kereta api ringan atau light tail transif (LRT) di Kota Palembang akan banyak memberi manfaat. Salah satunya, untuk memperlancar arus transportasi.

Menurut Alex, keberadaan LRT juga akan mempercantik Kota Palembang terutama pada malam hari. Palembang, menurutnya, akan menjadi kota terindah dengan adanya kereta api ringan karena jalurnya melalui Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Selain itu, Alex melanjutkan, Palembang akan menjadi kota yang aman dengan adanya kereta listrik tersebut karena penumpang dapat dipantau. Pihak ketiga akan melengkapi jalur kereta api ringan supaya Palembang semakin cantik dan nyaman, ujar dia pula.

Direktur Operasional PT Adhi Karya Partha saat pertemuan sebelumnya mengatakan, nantinya di sekitar jalur kereta api ringan dan jalan tol akan dibangun transit oriented development (TOD). Menurut dia, di sepanjang TOD tersebut juga akan dibangun tempat menjual suvenir UKM dan restoran makanan khas Sumsel. "Jadi dampaknya akan memacu pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja tidak hanya di Palembang, tetapi juga pada beberapa kabupaten di sekitar ibu kota Provinsi Sumsel ini," kata Partha.

 

Sumber : Antara